Peduli Sanitasi & Kesehatan Warga

Ini adalah temuan saya terkait masalah sanitasi yang ada di Kabupaten Kolaka. Di beberapa Desa dan Kelurahan masih terdapat beberapa lingkungan yang masyarakatnya sebagian besar tidak memiliki WC dan ketersediaan WC Umum pun juga sangat terbatas.

Untuk dalam kota Kolaka, juga terdapat beberapa kelurahan yang masih minim penanganan sanitasi, antara lain Kelurahan Kolakaasi, Kel. Induha, dan Kel. Sakuli.

Salah satu kepedulian saya adalah masalah sanitasi, jika kita ingin membudayakan hidup sehat maka kita harus memutus mata rantai kuman dari sumber penularannya. Oleh karena itu diperlukan pengendalian lingkungan.

Semoga di tahun 2019, dana desa dan dana Kelurahan dapat diprioritaskan untuk mengintervensi persoalan seperti ini. Nampak persoalan ini adalah persoalan yang sepele, namun perlu kita waspada karena wabah penyakit ditularkan dari penanganan lingkungan yang buruk.

Saya senantiasa memperjuangkan masalah sanitasi dan kesehatan warga. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Mari kita simak sejenak video singkat dibawah ini yang sempat terekam dalam perjalanan reses saya beberapa waktu yang lalu.

Desa Lalonggopi, Kec. Wolo

Tags: